Sebuah Contoh Seorang Pemimpin

Bismillah di setiap permulaan kebaikan. Umar bin Abdul Aziz adalah seorang khalifah yang bersosok indah. Dia seorang hakim yang adil dan seorang khalifah yang sholeh. Para manusia pada zamannya hidup dalam kedamaian dan kebaikan. Dia telah menjabat sebagai hakim pada tahun yang ke-99. Sayangnya, hanya dua tahun dan beberapa bulan saja dia menjabat.

Umar bin Abdul Aziz adalah seorang ahli ilmu, memiliki adab dan ketawadhuan yang tinggi.   Dia tidak pernah hidup layaknya seorang yang memiliki sebuah kekuasaan. Akan tetapi dia hidup seperti seseorang dari sebuah kelompok biasa. Ada sebuah cerita;

Suatu malam hari dalam sebuah majlis ada khalifah Umar bersama beberapa jamaah. Tiba-tiba ada angin besar yang berhembus dan membuat lampu ruangan itu mati. Kemudian seorang dari mereka berkata, “Wahai amirul mukminin, lampunya mati dan yang biasanya memperbaiki sudah tidur, apakah boleh saya yang memperbaiki dan menyalakan?”

Umar berkata, “Bukan termasuk adab yang baik jika tuan rumah duduk, lalu tamunya berdiri.” Kemudian khalifah berdiri dan memperbaiki lampu sendiri.

Ruangan pun kembali terang. Khalifah kembali ke tempat duduknya semula. Lalu berkata, “Aku telah berdiri dan aku Umar, Aku kembali duduk dan aku Umar.” Wallahu a’lam.

Kahramanmaraş Turkey, 30 oktober 2012

Komentar

Postingan Populer