Tumis Kacang Kentang




Sebenarnya, sebelum menulis ini ane udah ketawa ngakak. Ternyata setelah tulisan bertema makanan kemarin, membuat ane ketagihan untuk menulis tema yang sama lagi. Profesi bertambah sebagai tukang masak dan penulis resepnya. Tapi, satu kegembiraan yang tidak terkira lagi, ternyata calon istri seneng banget ane bisa masak (kwkwkwk..). Alhamdulillah sih, tapi nanti kalau senangnya dia gara-gara ane bisa masak dan dia tidak perlu masak, itu yang tidak saya terima. Suami bisa masak itu merupakan sebuah keindahan. Coba banyangin dah, suami istri lagi masak bareng di dapur. Romantis kaliee..

Berawal dari teman sekelas ane yang memberikan sekantong plastik kacang buncis. Wah, kebetulan banget, kata ane. Di pasar harganya mahal bro dan ini adalah sebuah hadiah yang gratis-tis. Ada lima orang penduduk di rumah tempat ane tinggal. Ternyata dua di antara mereka tidak menyukai sayur bernama “kacang buncis”. Ah, hari ini adalah piket ane buat masak. Mubazir nih sayur kalau tidak dimasak, dalam hati ane. Dan ujungnya, ane mencari resep untuk mewujudkan masakan ini. Tidak perlu sama dengan yang didapar saat browsing di rumah resep Bu Google. İnilah hasil kreatif itu.

Bahan-bahan:

- Sayur kacang buncis/panjang

- 2 butir kentang

- Setengah bawang bombai, 2 siung bawang putih, 2 cabai besar (merah dan hijau)

- 1 bumbu royco rasa sapi

- 2 sendok kecap bango

- Minyak secukupnya

- 1 buah tomat

Cara pembuatan:

- Kunci pintu dapur rumah, jangan biarkan OT (Orang Turki) untuk masuk, buat masakan Indonesia ini sebagai kejutan.

- Potong kecil-kecil cabai, tomat, bawang bombai dan putih.

- Potong juga kacang denga bentuk sesuai selera, kalau bisa buat yang menarik perhatian dong. Kupas dan iris juga kentang, jangan terlalu besar.

- Panaskan minyak. Lalu masukkan bumbu, masak hingga harum. Baru masukkan irisan tomat. Aduk dan masukkan irisan kentang dan kacang. Aduk hingga layu.

- Setelah layu, tambahkan bumbu royco, kecap manis, dan sedikit garam. Aduk dan tambahkan air secukupnya.

- Aduk dan biarkan airnya meresap ke dalam sayur. Masak hingga matang dan air hampir habis.

- Buka pinti dapur, biar rasa ingin tahu mereka terbayar. Hidangkan ketika masih hangat dengan dilengkapi nasi. Selamat menikmati!

 

Saat menyantap masakan ini. Dua orang berhasil menyatakan “Enak!” Satu orang kabur dan memilih makan di luar (NB. Dia tidak suka kacang buncis dan apapun yang dicampur dengan itu). Dan satu orang yang tidak menyukai kacang buncis hanya memakan kentangnya saja, Alhamdulillah. Masakan anak cowok perantauan akan kembali hadir insyaAllah... J

 

Kahramanmaras Turki, 26 Nov 2014   

Komentar

Postingan Populer