Oleh-oleh dari Gaziantep (4)


Rabu (01/05/2013), kembali dua kaki ini menginjak tanah kota Gaziantep. Ternyata kota wisata di Turki tidak saja Istanbul kawan. Gaziantep juga mempunyai tempat wisata yang perlu dikunjungi. Sampai saat ini tempat-tempat yang sudah saya kunjungi baru beberapa saja.

Gaziantep terletak di antara Turki anatolia bagian tenggara dan wilayah Mediterania. Termasuk salah satu kota besar di Turki.  Penduduknya berjumlah 1.700.763 jiwa menurut perhitungan pada tahun 2010. Populasi provinsinya paling banyak di kota-kota bagian tenggara. Kalau ada yang bertanya apa yang terkenal di kota ini, maka jawabannya baklava (kue manis khas Turki) dan fıstık (sejenis kacang). Gaziantep juga merupakan kota yang  memiliki perkembangan ekonomi yang bagus. Ada banyak pabrik dan berbagai macam perusahaan ekonomi disini.


Pagi-pagi sekali saya bangun, waktu itu semua masih dalam tidur yang lelap. Maklum hari ini hari libur nasional di Turki, hari buruh kalau tidak salah. Tepat jam tujuh pagi rombongan kami untuk wisata ke kota Gaziantep berkumpul. Kami hanya ber-12 saja. Rombongan kecil memang, tapi orang-orangnya pada asyik. Semua adalah orang Turki, kecuali saya dan satu lagi teman dari Afganistan. Kalau saya itung ulang lagi, ini adalah wisata yang kelima kalinya ke kota Gaziantep. Heran yah? Kok sering banget, untuk sementara kota besar yang dekat dengan kota kami—Kahramanmaras adalah Gaziantep. Meski ada kota lain seperti Adana atau Malatya misalnya, Gaziantep lebih menarik di mata kami saat ini.

Perjalanan kami hanya memakan waktu satu jam setengah, lalu kami sampai di sebuah asrama dan menyantap sarapan pagi yang sudah disediakan. Tujuan wisata kami hari ini pertama adalah kebun binatang, meski sebelumnya sudah empat kali datang kesini. Kedua, ada sebuah universitas besar taraf İnternasional, namanya Zirve University. Ketiga, kita mengunjungi setasiun pusat Dünya TV, stasiun televisi yang khusus berbahasa kurdi di Turki. Keempat, kita akan bermain paintball di salah satu sekolahan setingkat SMA yang memiliki lahan khusus untuk permainan paintball ini. Kelima dan yang terakhir, kita berencana untuk berenang di OSKA, sejenis Hammam Turki.



Kebun binatang, di negara kita juga ada sebenarnya. Tetapi tak apalah kita juga bisa kok menikmati pemandangan kebun binatang di negara asing. Biaya masuk hanya 2 TL untuk kategori pelajar. Murah apa mahal? Kalau menurut orang sini sih murah, tapi kalau kita orang indonesia mungkin terasa mahal, sebab diterjemahkan dulu kedalam dolar atau rupiah. 2 TL itu sekitar 1.5 dolar Amerika atau sepuluh/limabelas ribu rupiah. Kebun binatang disini rame loh! Rame pengunjung. Ada banyak orang yang keliling melihat hewan-hewan, ada banyak juga yang berpiknik di lahan sekitar BunBin. Waw! Kira-kira di İndonesia sama juga nggak ya?

Owh iya lupa cerita, teman pelajar İndonesia yang di Gaziantep lumayan  banyak loh. Malahan ada juga warga indonesia yang sudah jadi penduduk Gaziantep. Tadinya hari ini berencara mampir ke tempat mbak Titut, mau ngambil bihun buat bikin bakso hehe. Maaf mbak tadi tidak sempat, lain kali insyaAllah. Buat teman PPİ Gaziantep maaf juga ke Gaziantepnya tidak bilang-bilang.

Tidak semua perjalanan hari ini akan saya ceritakan. Mungkin karena terlalu banyak kesan yang saya rasakan hingga saya kesulitan mengungkapkan. Selanjutnya ada paintball, permainan perang-perangan menggunakan peluru warna. Biaya masuk kali ini terasa mahal, 15 TL kawan. Namun saya beruntung mendapatkan diskon menjadi 10 TL, lalu lebih beruntung lagi saya dibayarin teman. Alhamdulillah, banyak orang baik disini kawan. Permainan ini ternyata sangat seru, saya kena tembak lebih tiga kali. Terasa sakit juga dan membekas merah di bagian tubuh. Pakaian paintball dibuat seperti tentara, keren namun tidak sesuai dengan hari ini yang panas. Badanpun penuh dengan keringat setelah permainan ini usai. Very fun!

Terakhir yang mau saya ceritakan adalah OSKA. Pemandian umum di Turki, biasa disebut dengan hammam. Biaya sebenarnya adalah 25 TL. Waw! Mahal kali, namun kami hanya membayar 17.5 TL setelah diberikan diskon. Masih mahal sebenarnya, tapi tak apalah, sekali-kali bayar hehe. İni kali ketiga saya kesini, dua kali sebelumnya dapat traktiran dari teman. Ada apa saja dalam hammam Turki kawan? Di OSKA ada tiga buah kolam renang dengan ketinggian yang berbeda-beda. Ada ruang sauna, bentuknya seperti oven. Ruangnya sangat panas. Ada ruangan yang berasap panas terasa seperti lemon. Ada kolam air super panas dan super dingin. Pengen sekali cerita sangat detail, tapi mata ini terlalu berat setelah perjalanan melelahkan. Cukup sekian dulu yah! Kapan-kapan sambung lagi.




Wisata Kaki. Kahramanmaraş Turki, 01 Mei 2013




Komentar

Postingan Populer