Mimpi-mimpi Kami Sebagai Pemuda Bangsa

Bismillah di setiap permulaan kebaikan. Bak seorang yang baru lahir. Inilah yang kurasakan hari ini. Beberapa menit yang lalu kutuliskan sebuah status di dinding facebookku. Kutuliskan sebuah ungkapan yang selama ini mendidih dalam panci hatiku. “Entahlah, aku merasa keinginanku untuk menjadi penulis begitu kuat. Merongrong di dalam dadaku, begitu menggebu. Bismillah, bermimpi itu tidak harus dari kecil, dari sekarang juga bisa dimulai. Semangat! Doanya teman.”Hari-hari yang kulewati dan kuarungi terasa berbeda akhir-akhir ini. Hari-hari itu aku melewati banyak hal, aku mengarungi berbagai macam warna-warni perasaan yang berasal dari sekelilingku. Terasa sangat disayangkan jika hanya berlalu begitu saja dan terasa begitu indah jika aku bisa menceritakannya kepada sahabat-sahabatku nanti, teman-temanku, saudara-saudaraku, dan semuanya. Ku ingin membagikan keindahan yang telah aku lalui dan semua keindahan yang telah mereka ciptakan. Tentunya melalui tulisan.

Beberapa menit kemudian. Sebuah kometar bertengger tepat di bawah statusku. Isinya adalah sebuah saran agar aku bisa berkonstribusi dalam sebuah situs berjudul www.indonesiabercerita.org. Sebuah saran yang menarik. Lalu aku mencoba mencari tahu apa isi dalam situs tersebut. Dan aku menemukan suatu tulisan yang begitu menggugah hati ini. Inilah kutipan dari situs itu.

Mimpi-mimpi kami;

  1. Kami memimpikan setiap anak indonesia tumbuh dan berkembang menjadi dirinya sendiri.
  2. Kami memimpikan indonesia menjadi bangsa yang berani tampil beda dan berani mengkreasikan hal-hal baru.
  3. Kami memimpikan antar generasi saling belajar dan berdialog mengkreasikan indonesia bersama.
  4. Kami memimpikan warga kota dan desa saling berbagi pengetahuan untuk mewujudkan kota/desa idaman.
  5. Kami memimpikan potensi indonesia menjadi sebuah keunggulan di mata dunia. Menjadi ikon dunia.
  6. Kami yakin bahwa Indonesia itu bangsa yang hebat. Banyak individu luar biasa. Banyak komunitas yang begitu kenyal dalam semangat kebersamaan.
  7. Kami yakin bangsa ini bisa belajar bersama menghargai orang lain sebagaimana menghargai diri sendiri.
  8. Kami yakin bangsa ini bisa belajar memimpin dan dipimpin. Belajar untuk menjadi bangsa yang besar.
  9. Kami yakin bahwa setiap anak Indonesia lahir untuk menjadi pencipta bangsa (nation creator) Indonesia.

Waw!!! Sungguh impian-impian yang sangat super sekali. Mari kita wujudkan mimpi-mimpi indah ini. Mari kita buktikan bahwa semua itu tidak hanya berupa mimpi, namun akan menjadi sebuah kenyataan. Sebuah kenyataan…

Kahramanmaraş Turkey, 25 April 2012

Komentar

Postingan Populer