Not Good Result



Air selalu mengalir dari daratan lebih tinggi, lalu menuju daratan yang lebih rendah. İtulah bentuk alami suatu kehidupan. Namun bukan berarti hidup akan selalu lurus tanpa ada rintangan yang menghalangi. Seperti halnya bebatuan yang dihadapi air, seperti halnya air yang kadang terdiam karena aliran yang tertahan. Perjalanan air dari atas ke bawah berliku-liku, tapi akhir dari semua itu tetap sama sebagaimana tujuan awalnya.


Dalam hidup halangan yang seperti itu biasa kita sebut dengan ujian. Tidak semua orang siap untuk menghadapi ujian, namun tidak sedikit dari mereka yang telah bersiaga satu tanpa menunggu ujian datang menghampiri terlebih dahulu. Seberapapun beratnya ujian seberapakah sulitnya, kita pasti bisa melewatinya, karena itu adalah hukum yang telah Allah tentukan untuk kita, “Allah tidak membebani suatu hal apapun yang tidak kita mampu.” Akan tetapi, Allah tidak menjanjikan bahwa kita pasti bisa melewati hanya dengan satu kali mencoba.

Gagal adalah rangkaian dari kerangka kesuksesan. Banyak mereka yang mengatakan bahwa kegagalan adalah awal dari keberhasilan. Kegagalan adalah sebuah manisan yang mungkin tidak kita rasa saat ini, namun ketika kita telah berhasil nanti gagal itu akan terasa manis sekali.

Alhamdulillah, hari ini ujian telah usai, hanya sekedar ujian awal semester. Ujian rutinitas akademisi, hanya formaliti dari rangkaian perkuliahan yang hari ini menjadi suatu kewajiban. Beberapa hasil ujian telah diumumkan, sebagian menggembirakan, sebagian lagi menyedihkan. Gembira dan sedih itu seimbang dengan kesungguhan yang telah aku lakukan. Aku gembira, karena nilai yang kudapat seimbang dengan persiapan. Aku sedih, karena hingga kini aku masih belum mampu bersungguh-sungguh secara penuh, meski itu hanya dalam beberapa materi.  Hanya sedih dan sedikit sesal. Sebenarnya, bukan hasil ini yang terpenting dari ujian. Bagiku yang terpenting adalah apa yang setelah ujian. Nilai baik bukan untuk berbangga, sama halnya nilai jelek tidak untuk berputus asa. Nilai baik adalah pertanda bahwa ketika kita bersungguh-sungguh kita akan mendapatkan balasan yang sama, “man jadda wajada.” Sebaliknya, nilai jelek adalah peringatan bahwa kesungguhan kita masih sangat kurang.

“Not good result is not important, not take the lesson is the problem.” (My words)

Menurutku, mungkin hasil yang tidak baik tidaklah penting, tidak perlulah kita berputus asa dan berlama-lama sedih merana. Sebuah permasalahan besar akan menimpa kita, jika kita mendapatkan hasil yang tidak baik namun tidak juga segera merubahnya menjadi baik.

A4, Kahramanmaras, 22 April 2014 

Komentar

Postingan Populer