Mari Bersosial

Sepengetahuanku, manusia adalah makhluk yang memiliki sosialitas yang tinggi. Bersosial berarti bermasyarakat. Manusia tidak pernah jauh dari masyarakat. Setiap orang pasti hidup di dalam masyarakat. Menjauhi sosialisasi adalah pekerjaan tidak mungkin. Kalau pun ada itu adalah pekerjaan melawan arus kehidupan, tak bertahan lama.  

Dalam bahasa hari ini mungkin “bergaul” adalah kata yang tepat dan mempunyai arti yang sama. Berbaur dengan orang lain atau masyarakat adalah arti bergaul. Menyesuaikan diri dengan lingkungan, teknologi, atau apa saja yang ada di sekitar kita adalah pekerjaan bergaul. Kita tidak bisa hanya berdiam diri saja, tidak melakukan apa-apa. Ketika seseorang berbicara dengan seseorang yang lain pun juga termasuk bersosialisasi. Apakah kita bisa meninggalkan hal ini?


Kadang ada sebagian dari kita lebih memilih diam. Mereka berpendapat bahwa lebih baik diam dari pada berurusan/berbicara dengan hal-hal yang sia-sia. Mereka menjauh dari keramaian, dan lebih memilih kesendirian. Alangkah sempitnya kehidupan mereka, bukankah dunia Allah ini sangat luas dan indah.
Tentang diam tidak perlu dibesar-besarkan. Kadang kita hanya salah memahami. Kita boleh kok berbicara, asal yang baik-baik saja. Kalau seandainya memang tidak bisa, lebih baik berdiam saja. iya, hadis ini benar. Tapi jangan malah salah mengartikan, diamlah saja karena kamu tidak akan bisa berbuat/berbicara baik. Tidak ada yang sempurna. Tidak ada gading yang tak retak.

İya, semua anak Adam suka berbuat salah, bahkan sering. Namun sebaik-baik yang berbuat salah itu adalah mereka yang memohon ampun atas kesalahannya. Pernah dengar hadis Rasulullah ini kan? Allah Maha Pengampun dan Maha penyayang. Datanglah dan mintalah ampun, niscaya Allah akan mengabulkan permohonanmu yang ikhlas. Tetaplah bersosial, jangan takut salah, karena manusia tidak ada yang sesempurna Rasulullah (saw). Kita hanya orang biasa, yang salah mungkin sudah terbiasa, tapi jangan lupa, Allah selalu ada tuk mengampuni kesalahan kita.

Kahramanmaras Turki, 04 Januari 2014

Komentar

Postingan Populer