12 Rabiul Awwal...


Dua hari yang lalu, ketika aku membuka web/blog alakhabdulaziz.blogspot.com, aku teringat bahwa bulan ini sudah masuk bulan Rabiul Awwal, karena di blog itu aku sudah meletakkan kalender Hijriyah sebagai gadget, saat itu masih bertanggal 10. Astaghfirullah, bukan bermaksud sengaja melupakan kalender Hijriyah, akan tetapi karena kalender yang biasa aku pakai adalah tahun Masehi. Di rumah pun tidak ada kalender yang terpasang, biasanya hanya melihat telefon genggam itupun kalender Masehi. Setelah menyadari bahwa bulan ini adalah bulan Rabiul Awwal, aku pun berfikir bahwa bulan ini adalah bulan keberkahan. Tanggal 12 akan datang 2 hari lagi, pikirku waktu itu.

Hari ini banyak pesan masuk melalui handphone, isinya bermacam-macam pesan dan nasehat, dan berakhir dengan ucapan doa pendek, “Mevlid Kandiliniz Mubarek Olsun”—Semoga di Malam Maulid ini anda mendapatkan keberkahan. İya, 12 Rabiul Awwal adalah hari ini. Berawal dari masuknya waktu sholat maghrib tadi, hingga esok maghrib lagi.


Tepat di tanggal ini, tertulis bahwa malam ini adalah malam maulid Nabi. Tidak hanya di Turki, beberapa negara Islam di belahan dunia pun sama, Indonesia juga termasuk yang menyenggarakan peringatan Maulid. Apa benar pada tanggal 12 Rabiul Awwal ini Rasulullah (saw) terlahir ke dunia? Dan kenapa umat muslim banyak yang memperingati? Dua pertanyaan ini masuk ke dalam pikiranku dan berputar-putar. Sepertinya ada yang harus aku kerjakan untuk menenangkan hati.

İya, malam ini aku mengumpulkan semua buku yang ada di rak buku, buku yang menceritakan kelahiran Rasulullah saw, entah itu berbahasa Turki, Arab, Indonesia, dan Inggris. Ada lumayan banyak ternyata, sekitar  11 buku aku temukan. Bukunya bermacam-macam, ada buku sejarah Islam, buku perbandingan agama-agama, buku tafsir, dan kamus bahasa Arab. Rencananya, aku akan meneliti apa kata buku-buku itu mengenai kelahiran Rasulullah? Apa benar pada tanggal 12 Rabiul Awwal?

Ada 4 buku yang aku bawa dari Indonesia, buku sejarah Islam yang dulu pernah diajarkan di Pesantren Gontor. Yaitu;

1. Sejarah Islam Al-Muchtar, KMI. Disitu tertulis pada halaman 12 bahwa “Nabi Muhammad saw dilahirkan di Makkah, pada hari senin, 12 Rabiul Awwal, tahun gajah (tahun kedatangan seorang kepala perang Yaman yang hendak merubuhkan Ka’bah), /20 April 571 tahun Miladiyah (Kristen).”

2. Sejarah Islam untuk kelas 1, KMI. Tertulis pada halaman 7, “Pada tanggal 20 April 571 M, bertepatan dengan 11 Rabiul Awwal tahun dimana bangsa Ethiopia menyerang Makkah untuk meruntuhkan Ka’bah, lahirlah seorang pemimpin besar, Nabi Muhammad saw.”  

3. Khulasoh Nurul Yakin fi siratil Mursalin, oleh Ustadz Umar Abdul Jabbar. Tertulis pada halaman 6, “Pada hari senin; 12 Rabiul Awwal, tahun Gajah, di Mekkah Rasulullah saw dilahirkan.”

4. At-Tarikh Al-Islam, KMI. Tertulis pada halaman 10, “Pada tahun 571 di Mekkah Rasulullah saw dilahirkan.”

Selain itu aku mempunyai kamus Munjid bahasa Arab, tertulis pada halaman 522, “Muhammad saw. (570-632M/11H).” Hanya tertulis tahun, dan tidak bertanggal.

Sedangkan buku-buku yang berbahasa Turki di antaranya;

1. Gönül Tahtımızın Eşsiz Sultanı Efendimiz Muhatasar, oleh Reşit Haylamaz. Pada halaman 14, “Hari yang ditunjukkan oleh sejarah adalah 20 April 571. Sekitar 50 hari setelah peristiwa Gajah berlalu. Secara tahun qamariyah, menunjukkan malam itu malam ke-12 dari Rabiul Awwal. Pada hari senin.”

2. Dinler Tarihi, oleh Prof. Dr. Abdurrahman KÜÇÜK—Prof Dr. Günay TÜMER—Yrd. Doç. Dr. Mehmet Alparslan KÜÇÜK. Pada bab Islam, halaman 446, “Sayyidina Muhammad (571-632) lahir pada lingkungan yang seperti ini (masa jahiliyah).” Hanya tahun saja.

3. Bir Müslümanın Yol Haritası, oleh Akademi Araştırma heyeti. Pada halaman 143, “Setelah meneliti dokumen-dokumen sejarah kehidupan dari lahir hingga wafat, kebanyakan menunjukkan  bahwa Rasulullah saw dilahirkan di kota Mekkah di semenanjung Arab pada tahun 571 M.”

4. Hz. Muhammad ve Evrensel Mesajı, oleh Prof. Dr. İbrahim SARIÇAM. Pada halaman 61, “Sayyidina Muhammad saw. pada tanggal 20 April 571, di Mekkah dalam wilayah Bani Hasyim, di rumah ayahnya Abdullah terlahir. Menurut sumber-sumber, tahun itu bertepatan dengan kejadian Gajah, yaitu tertulis pada malam ke-12 dari Rabiul Awwal 55 hari setelah kejadian itu beliau lahir ke dunia.”

5. Yeni Başlayan İçin İslam Tarihi, oleh Şaban ÖZ. Pada halaman 16, “Menurut pendapat yang dianjurkan, Rasulullah lahir pada tahun 571 M, di Mekkah.”

6. Kur’an’a Giriş, oleh Abdullah Draz. Pada halaman 23, “Menurut pandangan yang disepakati oleh penulis-penulis karya tulis yang berkenaan dengan kehidupan Rasulullah, mengatakan bahwa Rasulullah saw. lahir ke dunia pada bulan Qamariyah minggu ke-2 dari bulan Rabiul Awwal, hari senin. Yaitu bertepatan dengan tahun ketika panglima Yaman Abraha yang terkenal, waktu itu berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Bizantium, datang dengan tentara bersama gajah-gajah yang paling besar dari Habasyiyah untuk penghancuran. Para peniliti yang paling dipercaya mengatakan bahwa sejarah ini tercatat pada tahun 571 SM, 53 tahun sebelum  hijrah.”

Pada halaman ini terdapat footnote, “ Meskipun sumber-sumber mengatakan dan menyepakati bahwa Rasulullah saw. lahir pada hari senin minggu ke-2 dari bulan Rabiul Awwal, mereka tidak menentukan kepastian tanggal yang berkemungkinan tepat pada hari senin, yaitu 8, 10, atau 12. Seorang astronom Mesir, Mahmud Paşa el-Feleki dalam karyanya at-Takwimul Arabil-qoblal Islam mengatakan tahun kelahiran Rasulullah saw. bertepatan dengan hari ke-9 dari Rabiul Awwal, bertepatan dengan Silvestre De Sayc, yaitu 20 April 571 tahun Jülienne.”

Susah juga meneliti ya? İtu baru buku-buku yang ada di rak, belum lagi di perpustakaan-perpustakaan. Jadi silahkan dirangkum sendiri pendapatnya ya. Kebanyakan hanya menyatakan tahun, yaitu 571 M. Tanggal hari seninnya banyak pendapat. Wah, ini baru mengenai tanggal kelahiran Rasulullah, belum membahas kenapa umat Islam memperingatinya. Waktu mepet sekali, besok masih ada ujian lagi dan belum belajar. Doanya yah.

Sekian. Akhirnya, soal kedua jadi PR dan beginilah penelitian malam ini. Jrenggg... Kandiliniz Mubarek Olsun!

Kahramanmaras Turki, 12 Jan 2014

Komentar

Postingan Populer