Kahramanmaras Kelle Paça

Kelle  Paça, apaan sih? Penasaran gak? Setelah dipikir-pikir, tidak ada salahnya sekali-kali menulis tentang kuliner. Kahramanmaras merupakan kota yang mempunyai jenis makanan khas daerah yang beraneka ragam ternyata. Di antanya ya, Kelle  Paça ini.

Kelle  Paça adalah makanan jenis bubur/sup berisi daging yang sudah dihaluskan, lalu disajikan dalam keadaan hangat. Tepatnya bukan daging sih, tetapi bercampur-campur, ada otak, isi kepala kambing/sapi atau sendi-sendi kaki yang sudah dihaluskan juga. Kelle  Paça khas Kahramanmaras pun terkenal. Ketika teman-teman berkunjung kesini, jangan sampai terlewatkan untuk mampir mencicipi Kelle  Paça. Rasanya gimana ya? Coba sendiri saja. Rata-rata di seluruh kota di Turki ada kok, tapi tiap kota punya ciri khas rasa yang berbeda tentunya.


Kalau di kota Kahramanmaras, warung makan, restoran, atau sejenisnya yang buka 24 jam sangat jarang. Tidak seperti di Indonesia yang banyak warteg dimana-mana. Aku kira seluruh kota di Turki juga begitu. Nah, warung makan yang berjualan Kelle  Paça biasanya buka 24 jam. Waktu yang paling tepat untuk menyantap hangat sup ini pun ketika sudah masuk tengah malam, atau juga di pagi hari setelah subuh. Dijamin akan menghangatkan badan, juga mengenyangkan.

Ternyata harganya tidak murah teman-teman. Harga yang paling pas di kantong adalah 6 (TL) atau senilai 30 ribuan per satu mangkoknya. Bahkan ada yang lebih mahal. Gak percaya? Selamat datang dan mencoba!




Kahramanmaras Turki, 03 Januari 2014

Komentar

  1. wah.. bisa berbagi ni... salam kenal ziz.. hehehe.. kunjungi juga web ane ya.. hehe

    http://www.muzayyinahyar.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer