Budaya—Mengenal Turki (2)

İstanbul, Kota Penghubung Benua-benua

Dünyanın en eski şehirlerinden biri olan istanbul; Roma İmparatorluğu, Doğu İmparatorluğu, Latin İmparatorluğu ve son olarak Osmanlı İmparatorluğu’na başkentlik yapmıştır.

İstanbul merupakan salah satu kota tertua dunia; pada Kekaisaran Romawi, Kekaisaran Timur, Kekaisaran Latin dan yang terakhir Kekaisaran Usmani telah menjadi ibukota kenegaraan.



Avrupa’daki en yüksek nüfusa sahip şehirlerdendir. Ayrıca Asya ve Avrupa kıtaları üzerinde toprakları bulunan tek şehirdir. İstanbul; medeniyetler, kültürler ve dinler açısından da oldukça önemli bir şehirdir.

Merupakan kota yang memiliki populasi tertinggi di Eropa. Satu-satunya kota yang yang berada di atas tanah Eropa dan Asia; juga merupakan kota yang berperan penting dari segi  peradaban, budaya, dan agama. 

Üç büyük dini barındıran İstanbul’da; Müslümanlar, Hristiyanlar ve Yahudiler kardeşçe yaşamaktadırlar.

Ada tiga besar yang melindungi keagamaan di Istanbul; kaum muslim, kristen, dan yahudi, yang hidup secara bersaudara.

Tempat-tempat penting di İstanbul:

Sultanahmet Meydanı: İstanbul’un en önemli meydanlarından biridir. Bizans döneminde hipodrom olarak kullanılmıştır. Ayasofya, Sultanahmet Camii, Yerebatan Sarnıcı, Dikilitaş gibi önemli eserler Sultanahmet Meydanı’ndadır.



Alun-alun Sultanahmet: merupakan salah satu lapangan Istanbul yang terpenting. Pada zaman kekaisaran Bizantium digunakan sebagai hipodrom. Tanda-tanda penting seperti Musium Ayasofia, Mesjid SultanAhmet (Mesjid Biru), Yerebatan Sarnici (Basilica Cintern), Dikitas (obeliks) berada di alun-alun Sultanahmet.

Çırağan Sarayı: 18. Yüzyılda 2.5 milyon altın harcanarak yapılan sarayda çok kıymetli sanat eserleri bulunmaktadır. Yapımında kullanılan mermerler, sedeflar ve kristaller dünyanın dört bir yanından toplanmıştır.




İstana Çırağan: di dalam istana yang dibangun pada abad ke-18 dengan menghabiskan 2.5 juta emas ini terdapat karya-karya seni yang sangat bernilai. Bahan bangunan yang digunakan adalah mermer, kulit-kulit mutiara, dan kristal-kristal yang dikumpulkan dari empat belahan dunia.

Dikitaş: Antık bir Mısır dikitaşıdır. M.S. 390 yılında Roma imparatoru tarafından Mısır’dan getirtilerek şimdiki yerine dikilmiştir.



Obelisk: merupakan menara batu antik dari mesir. Pada 390 SM obelisk ini dibawa dari mesir oleh kekaisaran Romawi.

Galata Kulesi: İstanbul’un en önemli sembollerinden biri olan Galata Kulesi; 528 yılında fener kulesi olarak inşa edilmiştir.


Menara Galata: merupakan salah satu simbol paling penting Istanbul; pada tahun 528 dibangun sebagai menara mercusuar.




Kız Kulesi: Milattan önce inşa edilen kule hakkında pek çok efsane vardır. Bunların en meşhuru şöyledir: Rüyasında kızının bir yılan tarafından sokulduğunu gören kral, kızını korumak için denizin ortasında bu kuleyi yaptırır.


Menara Maiden: Sebelum Masehi merupakan menara yang dibangun dengan banyak legenda. Yang paling terkenal adalah ada seorang raja yang melihat anak gadisnya didekati oleh seekor ular, lalu untuk melindungi anak gadisnya menara ini dibangun di tengah laut.

Kapalıçarşı: Kapalıçarşı, 1461 yılında Fatih Sultan Mehmet tarafından yaptırılmıştır. 4.000 civarında dükkanı ile kapalıçarşı, İstanbul’un görulmesi gereken, tarihi bir alışveriş merkezdir.





Grand Bazar: dibangun oleh Fatih Sultan Mehmet pada tahun 1461. Sekarang merupakan pemandangan Istanbul yang harus dilihat, pusat dari pemasaran barang-barang bersejarah, terdiri atas sekitar 4000 toko.

İstiklal Caddesi: İstanbul’un en eski semtlerinden biri olan Beyoğlu’nda yer almaktadır. 19. Yüzyılın sonlarından beri Türkiye’nin en ünlü caddelerinden biridir. 1650 metre uzunluğundadır.

Jalan Istiklal: merupakan salah satu daerah paling tua Istanbul, berada di daerah Beyoglu. Sejak setelah abad 19 merupakan jalan yang paling terkenal Istanbul. Panjang jalan ini 1650 meter.


Sumber : Buku Açılım Türkçe Kültür Köşesi
Kahramanmaras Turki, 21 Februari 2013

Komentar

Postingan Populer