Budaya—Mengenal Turki (3)

Peradaban-peradaban;


Dolmabahçe Sarayı: Sultan Abdülmecit döneminde yapımına başlayan saray Osmanlı mimarisinin en önemli yapıtlarından birisidir. 110.000 m² alan üzerine kurulan sarayda 285 oda, 46 salon, 6 hamam ve 68 tuvalet vardır. Yapımında yüklü miktarda altın, gümüş ve Kristal kullanılmıştır. Süslemesi dönemin en ünlü sanatkarlarına yaptırılmışttır.


Istana Dolmabahce: sebuah istana yang mulai dibangun pada masa Sultan Abdul Majid, merupakan arsitek Usmani yang paling penting. Istana ini dibangun di atas tanah seluas 110.000 m² terdiri atas 285 kamar, 46 ruang pertemuan atau tamu, 6 (Hamam Turki) kamar mandi, dan 68 tuwalet (wc). Emas, perak, dan kristal merupakan bahan yang digunakan dalam pembangunan istana. Pada waktu itu dekorasi dan penghiasannya dilakukan oleh para ahli seni yang paling terkenal.


Yerebatan Sarnıcı: yer altından, İstanbul’a su taşımak amacıyla IV. yüzyılda yaptırılmıştır. 9.800 m²’lik bir alanı kaplar. Uzunluğu 141 metre, genişliği ise 73 metredir.

Basilica Cintern: dibangun pada abad ke-4 dengan tujuan mengalirkan air dari bawah tanah ke Istanbul. Lahannya seluas 9.800 m². panjangnya 141 meter, lebar 73 meter.



Efes Ardemis Tapınağı: İzmir’in Selçuk ilçesindedir. Dünyanın 7 harikasından biridir. Mermer heykelleriyle de ünlü tapınak Hellenistik dönem tapınaklarının en büyüğüdür.

Candi/ Tempat İbadah Ardemis Efes: Berada di kota Selcuk. Salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Sebuah tempat ibadah/candi yang terbesar pada zaman Hellenistik dan paling terkenal dengan patung berhala terbuat dari batu mermer.


Sultanahmet Camii: Sedefkar Mehmet Paşa’nın en önemli eserlarinden birisidir. Bu cami yalnizca bir ibadet yeri olarak değil aynı zamanda eğitim, ticaret ve sosyal faaliyetlerin merkezi olarak inşa edilmiştir. Caminin süslemesinde kullanılan 20.000 den fazla çini nedeniyle yabancılar tarafından mavi cami olarak da bilinir.

Masjid Sultanahmet (Masjid Biru): ini merupakan salah satu karya seni paling penting milik Sedefkar Mehmet Pasa. Dibangun bukan hanya sebagai tempat beribadah, melainkan pada waktu yang sama sebagai pusat pendidikan, dagang, dan kegiatan social. Disebut sebagai “Masjid Biru” karena dibuat dengan hiasan 20.000 keramik biru.


Ayasofya: M.S. 532-537 yılları arasında yapılmıştır. Yapımında 10.000 işçi çalışmiş ve büyük bir servet harcanmıştır.

Musium Ayasofya: dibangun antara tahun 532-537 sebelum masehi. Ketika dibangun ada 10.000 pekerja dan menghabiskan biaya yang sangat besar.


Sümela Manastırı: Trabzon’da sarp bir kayalık üzerine 375-395 yıllarında Atına’dan gelen Barnabas ve Sophronios isimli iki rahip tarafından kurulmuştur. Manastır 300 metre yükseklikte bulunmaktadır. asıl adı Meryem Ana olan manastırın duvarlarında Hz. İsa ve Hz. Meryem’in hayatlarından kesitler bulunmaktadır.

Sumela Monastery (Biara Sumela): berada di Trabzon, didirikan oleh dua biarawan Barnabas dan Sophronios yang datang dari Atena pada tahun 375-395 di atas batuan curam. Biara ini memiliki ketinggian 300 meter. Berasal dari nama Bunda Maryam, terdapat juga potongan yang melintang di atas dinding-dinding biara kehidupan Nabi Isa dan Maryam.


Boğaziçi Köprüsü: İstanbul’un sembollerinden olan Boğaziçi Köprüsü Aysa ve Avrupa kıtasını birbirine bağlar. Yapımı 1973 yıllında bitirilen köprünün uzunluğu 1560 metre, denizden yüksekliği ise 165 metredir.

Jembatan Bhosphorus: salah satu symbol Istanbul, jembatan Bhosphorus penghubung dua benua Asia dan Eropa. Pembangunan selesai pada tahun 1973, memiliki kepanjangan 1560 meter, ketinggian dari laut 165 meter.


Safranbolu Evleri: Safranbolu Evleri, yüzlerce yıllık bir süreçte oluşan Türk şehir kültürün günümüze kadar devam en önemli yapılarındandır. Safranbolu’da 18. Ve 19. Yüzyıl ile 20. Yüzyıl başlarında yapılmış yaklaşık 2000 geleneksel Türk evi bulunmaktadır.

Perumahan Safranbolu: sebuah contoh paling penting yang menjelaskan kebudayaan Turki yang berlangsung sampai saat ini. Dibangun pada abad ke-18, ke-19, dan awal abad ke-20 yang terdiri dari 2000 rumah adat.


Nemrut Dağı: Dünyanın sekizinci harikası Nemrut, yükeskliği 10 metreyi bulan heykelleri, metrelerce uzunluktaki kitabeleriyle UNESCO dünya kültür mirasında yer almaktadır. Nemrut Dağı, üzerinde barındırdığı dev heykellerin ve anıt mezarın yanı sıra, dünyanın en muhteşem gün doğumunun ve gün batımının seyredildiği yerlerden birisidır.

Pegunungan Namrud: termasuk keajaiban dunia kedelapan, patung-patung yang terdapat pada ketinggian 10 meter, disebut sebagai peninggalan budaya dunia dengan prasasti-prasasti yang memiliki kepanjangan bermeter-meter oleh UNESCO. Pegunungan Namrud, terdapat patung raksasa dan makam yang dilindungi, juga merupakan salah satu tempat terbit dan terbenamnya matahari dunia yang paling indah dan sempurna.

Sumber : Açılım Türkçe Kültür Köşesi
Kahramanmaraş Turki, 23 Februari 2013

Komentar

Postingan Populer